tips mencegah perut kembung sesudah makan

Tips Mencegah Perut Kembung Sesudah Makan

Seringkali setelah anda makan anda mengalami perut kembung. Perut kembung itu sendiri biasanya disertai dengan beberapa gejala lainnya, seperti muntah, sendawa, mual. Perut kembung biasanya disebabkan karena produksi gas yang berlebihan yang mana bisa membuat anda tidak nyaman.

Sebenarnya perut kembung bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti makanan atau minuman yang kurang baik dan pola makan yang terkadang kurang teratur atau bahkan akibat gejala dari penyakit yang anda derita.

Namun, kabar baiknya adalah perut kembung bisa diatasi dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan mengubah pola makanan. Lantas, apa sajakah dan bagaimana cara mengatasinya.? simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

  1. Mengurangi Asupan Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi

Serat memiliki banyak khasiat atau manfaat untuk tubuh kita. Salah satunya adalah untuk mengendalikan kadar gula di dalam darah. Namun, tahukah anda, bahwa kadar gula di dalam darah, bisa menahan rasa lapar. Namun, zat gizi ini tidak bisa dicerna seutuhnya oleh tubuh. Dan juga, konsumsi terlalu banyak serat tinggi bisa membuat produksi gas berlebihan dan menyebabkan perut kembung.

2. Menghindari Makanan Yang Memiliki Kandungan Lemak Tinggi

Mengkonsumsi lemak yang dicerna secara perlahan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu juga, lemak dapat menunda pengosongan lambung. Hal tersebutlah yang kemudian bisa menyebabkan perut kembung.

3. Makan Terlalu Cepat

Apakah anda pernah makan terlalu cepat.? makan terlalu cepat bisa mengakibatkan enzim tertentu kurang maksimal di dalam sistem pencernaan. Akibatnya, lambung harus mencerna lebih keras dan dapat meningkatkan jumlah udara yang anda telan.

4. Menghindari Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol bisa membuat perut ada kembung. Kenapa.? ketika anda mengkonsumsinya. Gas karbon dioksida akan menumpuk di saluran pencernaan anda. Yang mana, kondisi tersebut akan menyebabkan perut anda kembung.

5. Jangan Mengunyah Permen Karet

Permen karet juga menjadi salah satu sebab kenapa perut anda kembung. Ketika anda mengunyah permen karet, anda akan menelan lebih banyak udara. Udara tersebut yang kemudian akan menumpuk di saluran pencernaan anda dan membuat perut anda kembung.

6. Melakukan Olahraga Ringan Setelah Makan

Kebiasaan sebagian besar orang adalah tidur setelah makan. Hal tersebut tentunya tidak disarankan. Coba lakukan olahraga kecil seperti berjalan jalan setelah sesaat selesai makan. Dengan olahraga ringan, anda bisa mengurangi risiko perut kembung.

Namun, perlu digaris bawahi, jangan melakukan olahraga yang berlebihan seperti lari atau angkat beban yang berat. Hal tersebut tidak baik untuk kesehatan anda.

7. Jangan Berbicara Saat Anda Makan

Berbicara saat makan memang tidak disarankan. Mengapa.? ketika anda berbicara, dengan demikian peluang udara masuk ke dalam tubuh sanagatlah banyak. Penumpukan udara di saluran tubuh bisa menyebabkan perut anda kembung.

Baca Juga :

Sumber :

  • hellosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *